Senin, 23 September 2013

Modernisasi Obat Tradisional


Konon kabarnya, seorang teman, katakanlah namanya Fulan, mengeluhkan sakit pinggangnya yang tak kunjung sembuh. Beberapa tempat medical check up telah dikunjungi namun penyakitnya tak kunjung sembuh. Suatu saat seorang temannya menyarankan untuk mencoba pengobatan tradisional. Antara yakin dan tak yakin Fulan mengunjungi tempat perobatan tradisional tersebut. Setelah diberi nama bahan obat tradisional maka Fulanpun mencari beberapa tumbuhan untuk diramu menjadi obat pinggangnya. Setelah lengkap maka Fulanpun membawa kumpulan ramuan itu ke tempat pengobatan tradisional tersebut. Setelah diramu dan didoa maka Fulanpun memasak ramun tersebut dan meminumnya sesuai anjuran. Dan ternyata sakit pinggangnya sembuh sampai sekarang.

Kisah fiksi di atas banyak terjadi di kalangan masyarakat dengan berbagai variasi penyakit dan obatnya. Pengobatan tradisional hidup dan berkembang di masyarakat secara alami turun temurun. Dan pada umumnya pengobatan tradisonal ini dipergunakan oleh masyarakat pedesaan. Hanya kadang-kadang masyarakat perkotaan mencari pengobatan tradisional itupun karena pengobatan modern tidak bisa menyelesaikan kesembuhan penyakitnya. Banyak aroma supranatural yang menyertai pengobatan tradisonal ini, namun tidak sedikit di antaranya ternyata bermuatan ilmiah dan bisa dibuktikan secara ilmiah.

Nusantara ini kaya akan budaya daerah. Salah satu kekayaan budaya tersebut adalah kekayaan pengobatan tradisinal. Hampir di semua daerah mmeiliki tradisi khas pengobatan tradisionalnya. Kekayaan flora dan fauna nusantara menjadi cikal bakal kekayaan pengobatan tradisional nusantara. 


Di sisi lain, pendidikan kedokteran ternyata membutuhkan biaya yang mahal. Sampai saat ini pendidikan kedokteran merupakan pendidikan termahal di seluruh strata pendidikan. Sedangkan baik hasil penelitian maupun skripsi/tugas akhir mahasiswa kedokteran masih kurang menyentuh penemuan obat-obatan baru padahal nusantara dipenuhi potensi pengobatan tradisional. Sudah waktunya dunia perguruan tinggi pendidikan kedokteran mengambil peranan penting dalam penemuan obat-obatan modern yang baru dengan cara pengembangan pengobatan tradisional yang diteliti secara modern dengan dibantu pendanaan dari perusahaan dalam negeri BUMN dan swasta yang bergerak di bidang kesehatan seperti perusahaan obat atau alat kesehatan.

Kerjasama ini nantinya bukan hanya akan melahirkan obat-obatan modern baru atau metode pengobatan modern baru berbasis pengobatan tradisional namun juga akan menjadi sumber pendanaan baru bagi dunia pendidikan kedokteran karena hak paten pada obat-obatan baru atau metode pengobatan baru ini akan dipakai di seluruh dunia dan akan menjadi sumber dana baru yang bisa dipakai untuk menekan biaya pendidikan kedokteran.

Salam reformasi.

Rahmad Daulay

24 september 2013.


***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar