Selasa, 04 Desember 2012

Dinasti Politik



Belakangan ini dinasti politik banyak dibicarakan, baik itu dinasti politik nasional maupun dinasti politik daerah.

Bukan hanya politik yang terkena dinasty pobia ini, di bidang lain juga ada. Beberapa artis bintang film dan penyanyi beken banyak berasal dari dinasti artis. Beberapa pengusaha beken juga berasal dari dinasti bisnis. Dan beberapa politisi handal dan beken juga berasal dari dinasti politik.

Dinasti seharusnya tidak dipermasalahkan. Yang dipermasalahan seharusnya adalah kualitas dan kapasitasnya.


Beberapa artis dan bintang film yang berasal dari dinasti artis ternyata berhasil membuktikan kapasitas dan kualitasnya lebih dominan dari faktor dinastinya. Beberapa pengusaha yang berasal dari dinasti bisnis berhasil membuktikan kapasitas dan kualitasnya lebih dominan dari faktor dinastinya. Dan beberapa tokoh politik juga berhasil membuktikan kapasitas dan kualitasnya lebih dominan dari faktor dinastinya.

Nah, para tokoh politik yang belakangan ini namanya disebut – sebut dan diperbincangkan kedinastiannya juga harus bisa membuktikan kapasitas dan kualitasnya.

Sebenarnya hampir 100 % politisi berasal dari dinasti politik. Dan dinasti politk ini dibagi dua bagian besar, yaitu dinasti politik kekerabatan dan dinasti politik nonkekerabatan yang didominasi oleh dinasti politik organisasi dengan berbagai latar belakang.

Dinasti atau tidak, rakyat takkan peduli karena rakyat butuh sandang, pangan, papan, kenderaan, kesehatan dan pendidikan. 

Salam reformasi

Rahmad Daulay

9 juli 2011.

*   *   *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar