Selasa, 04 Desember 2012

Dokter Spesialis Masuk Pemda



Salah satu kendala pelayanan kesehatan di rumah sakit umum daerah adalah tidak adanya dokter spesialis, terutama rumah sakit umum daerah yang jauh dari perkotaan. Biasanya pihak pemda menawarkan gaji tinggi, lebih dari 5 kali lipat dari gaji direktur RSUD tersebut, bahkan lebih dari 4 kali gaji kepala daerah untuk mendatangkan dokter spesialis dari kota untuk bertugas di RSUD.

Adalah masuk akal apabila seorang dokter spesialis tidak ada yang mau dipanggil ke RSUD dengan gaji standar padahal dengan berpraktek di rumahnya atau di rumah sakit swasta di perkotaan bisa memperoleh penghasilan yang tinggi.

Namun, apakah jalan satu – satunya adalah dengan memberi gaji yang berlipat ganda tersebut ???


Saya sendiri berpendapat, daripada menghabiskan anggaran untuk menggaji dokter spesialis dari kota, kenapa tidak diberikan saja beasiswa kepada dokter umum yang ada pada RSUD tersebut untuk bersekolah kembali menjadi dokter spesialis ? Toh, total gaji dokter spesialis dari kota tersebut selama 2 tahun sudah melebihi biaya kuliah dokter spesialis ?? Atau Kemenkes membuat saja program beasiswa kuliah dokter spesialis kepada 1 orang dokter umum setiap RSUD setiap tahunnya.

Salam reformasi.

Rahmad Daulay

15 Desember 2010.

*   *   *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar