Selasa, 04 Desember 2012

Indonesia sehat


INDONESIA SEHAT

Di beberapa ruas jalan sering ditemui spanduk yang berbunyi “Rakyat sehat negara kuat”. Pada beberapa apotik ditemui tulisan “Indonesia sehat 2010”. Dan di beberapa pedesaan ditemui slogan “Desa Siaga Sehat”.

Ada apa dengan kesehatan ? Atau hanya sebuah komoditi sesaat ?

Kesehatan masyarakat tidak bisa terwujud hanya dengan program atau slogan ataupun kegiatan yang bersifat top down lainnya. Kesehatan masyarakat melekat pada kepribadian dan keseharian dari masing – masing individu rakyat. Dan bagaimana menilai kepribadian dan keseharian dari masing – masing individu tersebut secara primordial dan secara primitif langsung terlihat dari kamar mandinya. Ah masa  sih ?????


Bagaimana seseorang bisa sembuh dari sakit apabila kamar mandi dari sebuah rumah sakit atau puskesmas ternyata tidak bersih dan tidak sehat ??? Bagaimana seseorang bisa beribadah dengan baik apabila kamar mandi tempatnya membersihkan diri ternyata tidak bersih dan tidak sehat ??? Bagaimana pelayanan publik pemerintahan daerah bisa berjalan dengan baik apabila untuk mengurusi kamar mandi saja tidak bisa baik ??? Dan yang paling penting adalah bagaimana mungkin rakyat bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat apabila pada waktu membersihkannya sebelum dimasak dibersihkan di tempat yang tidak bersih ??? Dan yang terakhir, apakah mungkin diri kita bisa sehat apabila kita membersihkan diri (mandi) di tempat yang tidak bersih ???

Indonesia sehat tak perlu dengan cara pawai baris berbaris puluhan kilometer yang membuat sakit dengkul kaki atau membagi – bagikan kaos dan jaket. Indonesia sehat harus dimulai dari kesehatan kamar mandi.

Salam reformasi.

Rahmad Daulay

23 februari 2008

_   _   _

Tidak ada komentar:

Posting Komentar