Selasa, 08 Januari 2013

Memacu Investasi Swasta di Sektor Pariwisata


 
Salah satu kelebihan Indonesia adalah keindahan alamnya, atau yang biasa dikaitkan dengan pariwisata. Kaum wisatawan sendiri bisa berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Malah ada kawasan wisata yang lebih terkenal di dunia dibanding dengan nama negaranya sendiri yaitu Bali.

Mengingat arti penting dari pariwisata itu sendiri maka pemerintah pusat membentuk instansi Kementerian Pariwisata, dan oleh pemerintah daerah membentuk instansi Dinas Pariwisata.

Walaupun sektor pariwisata memiliki peran penting dan potensi ekonomi yang cukup besar, namun belum didukung oleh peraturan dan insentif serta kemudahan dalam pengembangan potensi pariwisata terutama bagaimana memacu investasi swasta di sektor pariwisata.
Sebagian besar potensi wisata ada di daerah. Oleh karena itu fokus utama pengembangan wisata seharusnya dilakukan di daerah. Perlu peraturan yang akan memacu investasi swasta di pariwisata daerah. Atau kembangkan saja Peraturan Presiden nomor 67 tahun 2005 tentang Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur dengan melakukan perubahan atas peraturan tersebut dengan memasukkan sektor pariwisata sebagai bagian dari infrastruktur yang dikerjasamakan.

Salam reformasi

Rahmad Daulay

21 januari 2011

·           *   *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar