Jumat, 15 Maret 2013

Visit Indonesia Year 2008 : Gaung Yang Sayup-Sayup Terdengar


Di tengah rasa was – was akan kondisi transportasi udara dan tindakan premanisme yang marak di daerah, kita kembali menyuarakan Visit Indonesia Year 2008.

Entah apakah sebuah mimpi atau harapan. Yang pasti dunia pariwisata kita masih berjalan tersendat – sendat. Apalagi para motor di bidang pariwisata juga berjalan di tempat dan tidak ada inovasi dan kreasi baru yang bisa jadi andalan ke depan. Yang dikedepankan masih pariwisata yang itu itu juga.

Salah satu pariwisata andalan namun belum maksimal pengembangannya adalah Danau Toba Sumatra Utara. Danau Toba merupakan danau yang memiliki permukaan air tertinggi di dunia. Banyak ahli yang menyimpulkan bahwa danau tersebut terbentuk dari kawah letusan besar pengunungan di masa lalu.

Potensi danau toba hanya berkembang pada pesisir di kota Parapat. Sementara pesisir luar danau toba meliputi banyak kabupaten dan pesisir dalamnya berapa di Kabupaten Samosir. Pernah ada pemikiran untuk membentuk satu kawasan otoritas wisata danau toba dengan menyatukan pengelolaan kawasan pesisir luar danau toba di bawah satu pengelola / otorita. Namun sekarang ide tersebut sudah tenggelam karena tidak adanya keseriusan menggolkan ide tersebut.


Bagaimana kalau ide pembentukan otorita wisata danau toba tersebut dikembangkan di pesisir dalam danau toba yang berada di bawah pemerintahan kabupaten Samosir. Artinya kabupaten Samosir dijadikan sebagai kabupaten khusus / otorita wisata danau toba dengan mengembangkan seluruh pesisir pulau Samosir menjadi daerah wisata ? Yang pasti butuh infrastruktur pendukung seperti jembatan Parapat – Pulau Samosir yang melintasi danau toba dan jalan keliling pesisir dalam dan pesisir luar danau toba di pulau Samosir. Ini membutuhkan biaya awal yang tidak sedikit. Namun bila biaya besar ini dikelola dengan baik maka modal tersebut akan kembali lagi dari hasil kunjungan wisata dalam dan luar negeri.

Salam reformasi

Rahmad Daulay

30 maret 2008

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar