Jumat, 02 November 2012

UN, SNMPTN dan Pemerataan Pendidikan Tinggi



Ada rencana untuk mengkawinkan UN dan SNMPTN. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi belajar para pelajar SMU sederajat.

Bagaimanapun juga niatan untuk menghubungkan UN dan SNMPTN harus diapresiasi, namun jangan lupa, kita juga wajib mengkritisinya. Menghubungkan UN dan SNMPTN sama saja dengan menghubungkan kompetisi nasional dan pemerataan pendidikan, sama saja dengan mencoba dua sisi mata uang pada posisi yang sama...


Perbedaan substansi antara UN dan SNMPTN adalah UN masih memperhitungkan perbedaan antara SDM (pelajar dan guru), kualitas dan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan SNMPTN tidak.

Ada baiknya UN jangan dikaitkan dengan SNMPTN tapi lebih tepat pengkaitan antara UN dan PMDK/sejenisnya. Kompetisi pada PMDK/sejenisnya banyak mengalami penyimpangan seperti pengaturan nilai perkelas, memilih masuk kelas bukan unggulan, dsbnya,. Bila PMDK dikaitkan dengan UN maka prestasi UN jelas terasa manfaatnya.

Daripada menghabiskan energi untuk polemik UN-SNMPTN, lebih baik energi dipakai untuk pemerataan pendidikan tinggi dengan mempelopori  PTN baru berbasis pedesaan

Salam reformasi
Rahmad Daulay
26 Januari 2012.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar